Mata Kuliah | : | IAD/ISD/IBD |
Bobot | : | 2 SKS |
Kelompok MK | : | MPK |
Jurusan | : | PGMI |
Fakultas | : | Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya |
Kompetensi Mata Kuliah | : | Menguasai substansi materi ajar dan metodologi dasar keilmuan IAD, IBD, ISD, yang mendukung pembelajaran IAD, IBD, ISD di MI serta mampu melakukan kegiatan untuk mengembangkan substansi dan metodologi dasar keilmuan mata pelajaran IAD, IBD, ISD. |
No | Kompetensi Dasar | Indkator Hasil Beajar | Materi | Pengalaman Belajar | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat | Referensi |
1. | Memahami konsep umum tentang IAD, IBD ISD | 1. Mampu mendefinisikan IAD,ISD,IBD 2. Mengkriti tujuan dan ruang lingkup IAD,ISD,IBD 3. Menganalisa urgensi IAD,IBD,ISD | Pengertian dan ruanglingkup IAD,ISD, IBD | 1. Mahasiswa-mahasiswi merumuskan definisi IAD,ISD,IBD 2. Mahasiswa-mahasiswi mendiskusikan urgensi IAD,ISD,IBD | Produck Proyekc Tes Tulis | Pertemuan ke I | OHP/LCD | Abu Ahmadi, IAD Abu Ahmadi, ISD Maskuri Yasin, ISD Munandar Sulaiman, IBD Ibn Mas’aud, IAD,ISD,IBD |
2 | Memahami dan memiliki wawasan tentang proses lahirnya ilmu pengetahuan alam | 1. Mampu mengelaborasi perkembangan pola pikir manusia 2. Mampu Menganalisa timbulnya mitos 3. Menjelaskan langkah-langkah operasional metode ilmiah | Proses perkembangan pola pikir manusia 1. Rasa ingin tahu 2. Mitos 3. Lahirnya Ipa Modern 4. Sikap ilmiah, metode ilmiah dan langkah-langkah operasinal metode ilmiah | 1. Mahasiswa-mahasiswi mencermati perkembangan pemikiran manusia mulai dari yang sederhana sampai lahirnya Ipa modern 2. Mendiskusikan penerapan metode ilmiah
| Produck Proyekc Tes Tulis | Pertemuan ke II | OHP/LCD | Abu Ahmadi, IAD Abu Ahmadi, ISD Maskuri Yasin, ISD Munandar Sulaiman, IBD Ibn Mas’aud, IAD,ISD,IBD Darmansyah, IAD |
3. | Memahami konsep sins modern dan Islam tentang proses terbentuknya Alam semesta | 1. Mampu menjelaskann teori timbulnya alam semesta menurut Islam dan Islam | Proses terbentuknya Alam semesta : 1.Teori terbentuknya alam semestamenurut Islam dan IPA.
| 1. Mahasiswa-mahasiswi menelaah teori-teori terbentuknya alam semesta 2. Mahasiswa-mahasiswi membandingkan konsep sains dan Islam tentang teori terbentuknya alam semesta | Produck Proyekc Tes Tulis
| Pertemuan ke III | OHP/LCD | Abu Ahmadi, IAD Abu Ahmadi, ISD Maskuri Yasin, ISD Munandar Sulaiman, IBD Ibn Mas’aud, IAD,ISD,IBD Fazlur Rahman, Al Qur’an Sumber Pengetahuan Maurice Bucaille, Bibel, Al Qur’an dan Science Modern |
4. | Memahami konsep sins modern dan Islam tentang Asal usul kehidupann | 1. Mampu menjelaskann teori asal usul kehidupan baik menurut Islam maupun sains 2. Membandingkan konsep sains dan Islam tentang asal usul kehidupan | Asal Usul Kehidupan | 1. Mahasiswa-mahasiswi menelaah teori-teori asal usul kehidupan 2. Mahasiswa-mahasiswi membandingkan konsep sains dan Islam tentang asal usul kehidupan
| Produck Proyekc Tes Tulis | Pertemuan ke IV | OHP/LCD | Abu Ahmadi, IAD Abu Ahmadi, ISD Maskuri Yasin, ISD Munandar Sulaiman, IBD Ibn Mas’aud, IAD,ISD,IBD |
5. | Memiliki Pemahaman tentang IPTEK dan urgensinya bagi kehidupan manusia | 1. Mengritisi dampak IPTEK bagi Kehidupan 2. Memiliki sikap positif terhadap IPTEK | Peranan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi kehidupan manusia | 1. Mahasiswa-mahasiswi mencermati dan mendiskusikan dampak IPTEK 2. Mahasiswa-mahasiswi mempraktekan sikap positif dalam kehidupan | Produck Proyekc Tes Tulis | Pertemuan ke V
Pertemuan ke VI | OHP/LCD | Abu Ahmadi, IAD Ibn Mas’aud, IAD,ISD,IBD Darmansyah, IAD Sastri Diprojo Djoko Woeryo, IPA, Teknologi dan Masalah Kehidupan Manusia |
6 | Memiliki pemahaman ttg konsep IBD dalam karya sastra, seni dan keindahan serta problematikanya
| 1. Membedakan makna seni, sastra, dan keindahan 2. Mengidentifikasi karya yang mempunyai nilai seni dan keindahan 3. Menjelaskan konsep Islam tentang seni, sastra dan keindahan | Konsepsi IBD dalam kesusastraan, seni dan keindahan | 1. Mahasiswa-mahasiswi mendiskusikan karya seni, sastra dan keindahan 2. Mahasiswa-mahasiswi Mengidentifikasi karya-karya yang mempunyai nilai 3. Mahasiswa-mahasiswi merusmuskan konsep tentang seni, sastra dan keindahan | Produck Proyekc Tes Tulis | Pertemuan ke VII | OHP/LCD | Ibn Mas’aud, IAD,ISD,IBD Darmansyah, IAD Mukhtar Hadi, Pokok-Pokok Ilmu Budaya Dasar Suryadi, Buku Materi Pokok Ilmu Budaya |
7 | Memiliki wawasan Dan pemahaman yang komprehnship ttg pandangan hidup, tanggungjawab serta bersikap optimis | 1. Menjelaskan urgensi pandangan hdup bagi manusia 2. Mengkritisi sumber-sumber yang dijadikan pandangan hidup 3. Menjelaskan pentingnya memiliki sifat yang bertanggungjawab 4. Menganalisa hubungan antara tanggungjawab, kewajiban dan hak 5. Menjelaskan pentingnya harapan dan do’a | Pandangan Hidup, Tanggungjawab dan Harapan Manusia | 1. Mahasiswa-maha siswi melakukan pendalaman dan pemahaman yang komprehensip tentang Pandangan hidup, tanggungjawab 2. Mahasiswa-mahasiswi optimis dalam kehidupan
| Produck Proyekc Tes Tulis | Pertemuan ke VIII
Pertemuan ke IX | OHP/LCD | Abu Ahmadi, ISD Maskuri Yasin, ISD Munandar Sulaiman, IBD Ibn Mas’aud, IAD,ISD,IBD Shahminan Zaini, Mengapa Kita Harus Berdoa Hamka, Falsafah Hidup |
8. | Memiliki wawasan dan pemahaman ttg individu, keluarga dan masyarakat serta problematikanya | 1. menguraikan fungsi dan peranan anggota keluarga 2. menjelaskan bentuk-bentuk masyarakat 3. menganalisis hubungan individu keluarga dan masyarakat serta problematika dan solusinya | Deskripsi individu, keluarga, masyarakat Peran individu, keluarga dalam masyarakat
| 1. Mahasiswa dan mahasiswi mendiskusikan bagaiman fungsi dan peranan anggota keluarga 2. Mahasiswa dan mahasiswi menganalisis problematika individu, keluarga dan masyarakat 3. Mahasiswa dan mahasiswi memberi alternative solusi pada problematika yang ada | Produck Proyekc Tes Tulis | Pertemuan ke X | OHP/LCD | Abu Ahmadi, ISD Maskuri Yasin, ISD Munandar Sulaiman, IBD Ibn Mas’aud, IAD,ISD,IBD Wahyu, MS. ISD. Team Dosen Ilmu Sosial Dasar |
9. | Memiliki pemahaman ttg konsep Negara, warga Negara serta demokrasi | 1. Menjelaskan pembentukan Negara dan fungsinya 2. Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga Negara 3. Mengkritisi problematika yang berkaitan dengan demokrasi | Negara, warga Negara dan permasalahan demokrasi | 1. Mahasiswa dan mahasiswi mendiskripsikan pembentukan Negara dan fungsinya 2. Mahasiswa dan mahasiswi memahami tentang Negara,warga Negara dan masalah demokrasi
| Produck Proyekc Tes Tulis | Pertemuan ke XI | OHP/LCD | Abu Ahmadi, IAD Abu Ahmadi, ISD Maskuri Yasin, ISD Munandar Sulaiman, IBD Ibn Mas’aud, IAD,ISD,IBD Darmansyah, IAD |
10. | Memiliki pemahaman dan wawasan yang luas dan sikap yang dapat berperan sebagai generasi penerus bangsa | 1. Mengkritisi jatidiri pemuda di tengah-tengah masyarakat 2. Menganalisis problem dan potensi yang dimiliki generasi muda 3. Menjelaskan peran pemuda dalam meneruskan pembangunan nasional | · Pemuda dan remaja dalam permasalahan generasi nasional · Pemuda dan identitas · Pemuda dan pengembangan generasi muda masalah dan potensi generasi pemuda · Peranan pemuda dalam masyarakat | 1. Mahasiswa dan mahasiswi memiliki pemahaman menjadi pemuda penerus bangsa yang memberikan solusi terhadap problem yang dihadapi
| Produck Proyekc Tes Tulis | Pertemuan ke XII | OHP/LCD | Abu Ahmadi, ISD Maskuri Yasin, ISD Munandar Sulaiman, IBD Ibn Mas’aud, IAD,ISD,IBD Abdullah Taufik, Pemuda dan Perubahan Sosial Abdul Ghafur, Strategi Pembinaan Pemuda |
11. | Memiliki pemahaman yang luas dan sikap yang menghormati perbedaan social, persamaan derajad serta problematikanya | 1. Menjelaskan makna dan ciri-ciri pelapisan sosial 2. Menganalisis terjadinya pelapisan social dan system pembangiannya 3. Menjelaskan persamaan hak-hak 4. Menghargai perbedaan dan persmaan derajat
| · Pelapisan social · Persamaan derajat · Diskriminasi dan pemerataan
| 1. Mahasiswa dan mahasiswi mendiskripsikan tentang pelapisan social, persamaan derajat, problematikanya dalam masyarakat
|
| Pertemuan ke XIII | OHP/LCD | Abu Ahmadi, ISD Maskuri Yasin, ISD Munandar Sulaiman, IBD Ibn Mas’aud, IAD,ISD,IBD Astrid S. Susanto, Sosiologi dan Perubahan Sosial, Status dan Stratifikasi Sosial.. Robert Marton, Social Theory and Social Structure. |
12. | Memahami konsep jender dari berbagai perpestif, agama, pendidikan dan problematikanya | 1. Memahami konsep jender dari berbagai perspektif (agama, social budaya, dan pendidikan)
| · Jender dan eksistensinya · Jender dalam perspektif Islam · Jender dalam perspektif social budaya · Jender dalam perspektif pendidikan
| 1. Mahasiswa dan mahasiswi menjelaskan jender dan eksistensinya 2. Mahasiswa mengkomparasikan berbagai perspektif dalam jender
|
| Pertemuan ke XIV
Pertemuan ke XV
Pertemuan ke XVI
| OHP/LCD | Mansour Faqih, Analisis Gender Dalam Ilmu Sosial Eny Purwati Dan Hanun Asrohah, Bias Gender Dalam Pendidikan Islam Nasaruddin Umar, Argrumen Kesetaraan Jender dalam Al Qur’an Zaitunah Subhan, Tafsir Kebencian Hamim Ilyas, Dekonstruksi Pemahaman Hadis |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar